MTsN 1 Banyuwangi Hadiri Monitoring dan Refleksi Pelaksanaan IKM Madrasah Tsanawiyah Negeri Se- Kabupaten Banyuwangi

 



MTsN 1 Banyuwangi Hadiri Monitoring dan Refleksi Pelaksanaan IKM Madrasah Tsanawiyah Negeri Se- Kabupaten Banyuwangi

===

Pada hari kamis, 3 Agustus 2023 kepala madrasah, waka kurikulum dan satu orang guru MTsN 1 Banyuwangi menghadiri refleksi pelaksanaan IKM Madrasah Tsanawiyah Negeri Se Kabupaten Banyuwangi di MTsN 3 Banyuwangi.

Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala kantor kementerian agama kabupaten banyuwangi, Amak Burhanuddin.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan banyak hal salah satunya adalah untuk terus berkreasi dalam mengembangkan madrasah.

" Buatlah suatu program hingga bisa menjadi icon yang patut dibanggakan dan semakin dikenal masyarakat." Tutur beliau.

Menurut beliau Icon, Branding dan keberhasilan PPDB   harus terus ditingkatkan progress nya  untuk mengembangkan madrasah menjadi lebih baik lagi. Acara pembukaan tersebut kemudian ditutup dengan pembacaan doa.

Selain membuka kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Banyuwangi  juga memberikan pembinaan terkait pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka.

Menurut beliau untuk menilai sejauh mana IKM telah dilaksanakan di madrasah bisa dilihat berdasarkan jawaban dari pertanyaan berikut:

  1. Sudahkah guru-guru melaksanakan asesmen awal (diagnostik)? Agar Teaching at the right level dapat terwujud?

  2. Pembelajaran Projek P5P2RA apakah sudah diangkat dari permasalahan dan mengutamakan pada proses bukan hanya pada produk yang dihasilkan?

  3. Apa hasil positif dalam IKM yang telah diperoleh madrasah? 




Dari ketiga poin pertanyaan tersebut dapat diketahui pelaksanaan IKM di masing-masing madrasah sudah sesuai atau masih perlu pembenahan. 

Materi terkait IKM selanjutnya disampaikan oleh Moh. Askab, ketua pokja pengawas madrasah. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa kurikulum operasional madrasah (KOM) adalah panduan  dalam melaksanakan program madrasah. Tentu saja antara madrasah satu dengan yang lainnya ada perbedaan. Beliau juga menambahkan untuk terus meningkatkan pengetahuan terkait IKM melalui pelatihan pelatihan resmi yang diadakan oleh pusdiklat kemenag baik itu yang offline maupun online seperti aplikasi pintar ataupun aplikasi binar yang baru baru ini diluncurkan.

Kegiatan semakin hangat saat sesi diskusi dan tanya jawab.



Hanik perwakilan guru dari MTsN 1 Banyuwangi mengaku senang mengikuti kegiatan ini, karena beberapa pemahaman terkait IKM yang semula masih ragu menjadi jelas dimengerti . 

"Sebagai guru kita menjadi semakin tertantang dan termotivasi untuk meningkatkan branding MTsN 1 Banyuwangi melalui program program yang signifikan dengan IKM. " Tutur guru matematika ini antusias.

Kegiatan berakhir dan ditutup dengan sesi foto bersama. (asr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Jejak Karbon Kita MTsN 1 Banyuwangi

MTsN 1 Banyuwangi Hadiri Pembinaan dan Penguatan Madrasah Penyelenggara SKS pada MTs/MA

Gandeng Tim Psikotes UINSA, MTsN 1 Banyuwangi Laksanakan Tes IQ ,Bakat dan Minat Siswa Rombel Awal