Identifikasi Kehati Tumbuhan, Rangkaian P5RA Jejak Karbon Kita MTsN 1 Banyuwangi.
Identifikasi Kehati Tumbuhan, Rangkaian P5RA Jejak Karbon Kita MTsN 1 Banyuwangi.
===
Kegiatan P5RA Jejak Karbon Kita di MTsN 1 Banyuwangi telah sampai pada kegiatan kedua yaitu mengidentifikasi keanekaragaman hayati tumbuhan yang ada di lingkungan madrasah.(24/10/23)
Mengapa tumbuhan?
Menurut Asri, guru matematika rombel 9 menyampaikan bahwa salah satu cara menyeimbangkan dampak emisi/zat buangan manusia adalah dengan memperbanyak menanam pohon.
"Sebab tumbuhan hidup dan melakukan fotosintesis berbahan dasar dari emisi kita yaitu karbon dioksida." Tutur guru yang juga merupakan wakil kepala bagian kurikulum ini menambahkan.
Selanjutnya kegiatan ini dimulai dengan mendengarkan penjelasan guru terkait Kehati dan langkah identifikasi yang dilakukan.
Suasana semakin tampak bersemangat ketika siswa dipandu dengan guru mengidentifikasi tumbuhan yang ada disekitar madrasah.
Identifikasi tersebut meliputi nama tumbuhan, nama latin , manfaat dan cara perawatannya.
Hasil identifikasi direkam dalam bentuk tabel yang ditulis pada selembar kertas.
Disini peran guru sebagai fasilitator sangat dibutuhkan. Pasalnya siswa yang tidak tahu mengenai nama latin sebuah tumbuhan bisa bertanya pada guru.
Jika guru kesulitan maka guru membantu siswa googling melalui internet atau dengan memanfaatkan aplikasi google lens.
Di tempat yang sama Syafa siswi rombel 9D menyampaikan bahwa kegiatan P5RA ini sangat seru dan menyenangkan karena bisa saling berinteraksi dengan seluruh siswa dari kelas lainnya.
Selanjutnya hasil identifikasi dipresentasikan di depan kelas secara berkelompok.
Beberapa siswa bahkan masih kesulitan membaca nama latin tumbuhan. Namun hal itu tak jadi masalah karena rangkaian pembelajaran P5RA hari ini berjalan dengan sukses dan lancar.
====
Komentar
Posting Komentar