MTS N 1 BANYUWANGI IKUT SERTA DALAM PENGAJIAN DWP KEMENAG RI,

 MTS N 1 BANYUWANGI IKUT SERTA DALAM PENGAJIAN DWP KEMENAG RI, MEMPERINGATI MAULID NABI DENGAN TEMA KEHIDUPAN BERKELUARGA YANG HARMONIS DAN BAHAGIA



Banyuwangi, 29 November 2023 – DWP MTsN 1 Banyuwangi turut serta dalam rangkaian kegiatan Pengajian yang diselenggarakan oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Republik Indonesia, dalam rangka peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Acara ini dilaksanakan dengan tema yang menginspirasi, yakni "Meneladani Rasulullah SAW dalam Kehidupan Berkeluarga yang Harmonis dan Bahagia." Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui zoom di aula ma’had Nurul Ilmi MTsN 1 Banyuwangi yang diikuti oleh pengurus inti DWP unit MTsN 1 Banyuwangi. Acara tersebut  dihadiri pula oleh keluarga besar Kementerian Agama baik di lingkup Unit Pelaksana, Kanwil, Balai Litbang,  Kabupaten Kota Madya,  Balai Diklat serta Ibu-Ibu DWP Pusat yang hadir secara offline. Mauidhoh hasanah disampaikan oleh ibu Hj. Badriyah Fayumi, Lc,. MA selaku Ketua KUPI Pengasuh PP Mahasiswa Darul Qur’an Wal Hadits Wasekjen MUI.



Pengajian tersebut membahas nilai-nilai ajaran Islam tentang kehidupan berkeluarga. Salah satu poin utama yang disoroti adalah pentingnya mengambil teladan dari akhlak dan tindakan Rasulullah SAW dalam membina rumah tangga yang harmonis dan penuh kebahagiaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, penasehat  DWP Kemenag RI, Ibu Eny Yaqut. Beliau  menyampaikan bahwa melalui pengajian ini  dapat membawa ibu ibu yang hadir  menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik. Beliau juga berpesan untuk  memahami lebih dalam bagaimana Rasulullah SAW menjalani kehidupan keluarga yang penuh kasih sayang, toleransi, dan kebahagiaan. 

"Semoga kami dapat meneladani beliau dalam membina hubungan keluarga yang harmonis di tengah kompleksitas kehidupan modern sebagai acuan kepada kita untuk kembali mengidolakan beliau ". Tuturnya.



Sementara dalam acara yang sama ibu Hj. Badriyah Fayumi, Lc,. MA  menyampaikan ada tugas yang diemban dibalik penyebutan nama DWP dalam menjalankan tugas khusus yang diemban di pundak para ibu-ibu tidak hanya sebagai pendamping tetapi juga pendukung suami sebagai pengemban tugas negara, bahwa ada 4 Prototipe perempuan milenial/global dengan mencontohkan istri zaman para nabi ; Perempuan pertama istri Rasulullah SAW, ibu Khadijah adalah perempuan pejuang pertama pendamping setia Rasulullah dalam syiar agama islam sebagai teladan istri sholehah dalam keluarga sakinah, perempuan kedua Siti Asiyah Istri Fir’aun perempuan yang teguh dan tidak terpengaruh oleh perilaku Fir’aun yang zalim. Siti Asiyah tetap menjadi Istri yang sholeh meski selalu mencari-cari waktu untuk beribadah. Selanjutnya  perempuan ketiga Ibu Maryam seorang wanita ahli ibadah terkenal yang mencurahkan segenap hidupnya untuk ibadah dan tidak kawin. Maryam adalah ibunda Nabi Isa AS. Perempuan keempat adalah putri Rasulullah Siti Fatimah. Beliau adalah teladan sebagai  istri pemimpin tertinggi dengan segala kesusahan dalam kehidupan rumah tangga.Sesulit apapun kondisi ekonominya, ia tunjukkan ketabahan dan kesabaran. 



Selain itu Ibu Badriah juga memberikan pemahaman mendalam tentang kehidupan Rasulullah SAW, khususnya dalam peran sebagai kepala keluarga serta peran para istri beliau dalam mendampingi perjuangan Rasulullah. Mereka membahas nilai-nilai kebijaksanaan, kesabaran, dan kasih sayang yang menjadi landasan kehidupan berkeluarga yang seimbang. 



Selain ceramah, acara ini juga menyediakan sesi tanya jawab, dimana peserta dapat bertanya tentang penerapan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memahami secara lebih konkrit bagaimana prinsip-prinsip Islam dapat diterapkan dalam konteks kehidupan keluarga.

Pengajian ini diakhiri dengan foto bersama dan doa bersama. (Isma/asr)

====

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Jejak Karbon Kita MTsN 1 Banyuwangi

MTsN 1 Banyuwangi Hadiri Pembinaan dan Penguatan Madrasah Penyelenggara SKS pada MTs/MA

Gandeng Tim Psikotes UINSA, MTsN 1 Banyuwangi Laksanakan Tes IQ ,Bakat dan Minat Siswa Rombel Awal