MTsN 1 Banyuwangi Mengikuti Bimtek Penyusunan UKBM

 


MTsN 1 Banyuwangi Mengikuti Bimtek Penyusunan UKBM

====

Pada Kamis, 21 Desember 2023 lalu beberapa perwakilan guru MTsN 1 Banyuwangi mendapat tugas mengikuti bimtek penyusunan UKBM di MAN 2 Banyuwangi. Madrasah tersebut berada di kecamatan genteng tepatnya dua kilometer dari lapangan maron genteng. Hadir dalam kegiatan tersebut narasumber utama dari direktorat KSKK Kemenag RI, bapak Arif Ridho. Selain itu juga ada dua narasumber lainnya dari MAN Ponorogo dan dari MTsN 3 Malang yang bertugas sebagai fasilitator dalam kegiatan penyusunan UKBM nantinya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Pendma kemenag Banyuwangi, bapak Dimyati. Dalam sambutannya beliau menyampaikan banyak prestasi yang pernah diraih oleh Madrasah Aliyah maupun Tsanawiyah di masa jabatannya. Sosok yang pernah menjadi waka kurikulum di MTsN 1 Banyuwangi ini berharap dengan semakin bertambahnya madrasah SKS  maka prestasi madrasah semakin meningkat dan pelayanan  kepada siswa lebih efektif sesuai kemampuan. 



Diwaktu yang sama pak Arif juga memberikan penguatan tentang pentingnya keluar dari zona nyaman dengan meningkatkan kreativitas dalam mendesain sebuah pembelajaran agar efektif. Selain efektif juga menyenangkan siswa dalam belajar.

“Sebelum mendapat pelajaran siswa senang setelah mendapat pelajaran pun senang.” Tutur beliau.

Lebih jauh beliau juga mengingatkan jika unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) bukanlah sebuah kitab suci yang harus mengikuti contoh yang telah ada. Semua guru boleh berkreasi mendesain UKBM asal sesuai dengan kaidah merdeka belajar.

Setelahnya kegiatan penyusunan UKBM dilaksanakan. Kegiatan terbagi menjadi dua tempat, untuk tingkat MTs berada di aula bawah dan tingkat Aliyah berada di aula atas.



Untuk bimtek tingkat MTs dipandu oleh bu Indah dari MTsN 3 Malang. Ibu dari dua orang putra ini berharap hasil dari kegiatan bimtek dapat memberikan tambahan wawasan yang dapat digunakan untuk menyusun UKBM di madrasah masing-masing nantinya. Kegiatan semakin seru saat perwakilan rumpun mata pelajaran mempresentasikan hasil kelompoknya.

Sesi foto bersama narasumber menjadi penutup kegiatan.

Tak ada sesuatu yang tiba-tiba mahir dikerjakan kecuali dengan usaha dan doa serta izin Allah yang menjadikan.

Semoga kegiatan bimtek ini membawa pencerahan bagi seluruh pesertanya dan membawa kemaslahatan bagi madrasah untuk senantiasa maju dalam melaksanakan pembelajaran bernafaskan merdeka belajar. (asr)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Jejak Karbon Kita MTsN 1 Banyuwangi

MTsN 1 Banyuwangi Hadiri Pembinaan dan Penguatan Madrasah Penyelenggara SKS pada MTs/MA

Gandeng Tim Psikotes UINSA, MTsN 1 Banyuwangi Laksanakan Tes IQ ,Bakat dan Minat Siswa Rombel Awal