Dengan Discovery Learning, apakah hasil belajar siswa dapat meningkat?

 


Dengan Discovery Learning, apakah hasil belajar siswa dapat meningkat?

Penulis: Eko Wahyudi

Guru MTsN 1 Banyuwangi

====

Hasil Belajar adalah gambaran dari seorang siswa setelah mengalami proses pembelajaran. Hasil belajar merupakan output proses pembelajaran yang berupa nilai sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Dari hasil belajar tersebut, guru mendapatkan informasi kemampuan siswa setelah menyelesaikan proses pembelajaran. Discovery Learning bisa disebut juga Pembelajaran Penemuan. Siswa dituntut untuk menemukan fakta sendiri dalam proses pembelajaran tersebut. Guru hanya memberikan bahan belajar yang tidak lengkap, sehingga siswa mampu melengkapi fakta-fakta yang tersembunyi dalam proses pembelajaran tersebut dengan difasilitasi oleh gurunya.

Setelah melakukan pengamatan proses belajar dan hasil belajar,  penulis memutuskan untuk melakukan kegiatan best practice yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode discovery learning berbasis kerja kelompok dengan materi sifat-sifat bangun datar segiempat. Penulis menggunakan basis kerja kelompok, agar siswa mampu saling berkoordinasi dan saling mengisi kekurangan dalam menemukan fakta-fakta yang tersembunyi tersebut.

Berikut latar belakang masalah yang menjadi temuan penulis dalam melakukan penelitian tersebut :

  • Kurangnya pengetahuan awal peserta didik

  • Rendahnya motivasi belajar peserta didik

  • Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran belum optimal

  • Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik


Penulis merasa praktik ini penting untuk dibagikan karena memberikan dampak yang positif dan pengaruh yang besar dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu :

  • Dengan menerapkan dan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, siswa dituntut untuk mampu merangkum materi secara singkat dan padat. Dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif siswa dalam menyelesaikan masalah, dan dapat menumbuhkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok.

  • Dengan pendekatan belajar kelompok akan menjadi pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik

  • Model Discovery Learning dapat diintegrasikan dalam kerangka kerja technology pedagogy and content knowledge (TPACK). Dengan adanya kerangka kerja TPACK peserta didik dapat mengasah pola berpikir kritis dan menumbuhkan keterampilan TIK.

  • Merangsang siswa untuk memberikan gagasan/ ide dalam menyelesaikan suatu proyek

  • Kegiatan pembelajaran berjalan lebih kondusif dan efektif karena peserta didik dituntut supaya aktif

  • Media belajar yang tepat dan menarik dapat membangkitkan minat belajar peserta didik


Dampak dari pelaksanaan aksi sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan :

  • Dampak dari penggunaan media Discovery Learning yang diimplementasikan dalam bentuk gambar pembelajaran yang ditayangkan berbantukan powerpoint secara umum dapat dikatakan sangat efektif dan sudah dapat membuat siswa lebih semangat dan tidak mudah bosan dalam megikuti proses pembelajaran dan dari hasil evaluasi nilai yang diperoleh anak menunjukkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 80,51%. Indeks IKK observasi kegiatan siswa sebesar 0,85 yang artinya kegiatan pembelajaran hari itu dapat diterima oleh siswa.

  • Dampak dari penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan belajar kelompok dapat membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional (ceramah) yang selama ini sering digunakan. Hal ini dapat dilihat dari indikator keaktifan siswa yang meningkat yang tertuang dalam lembar observasi keaktifan siswa dibandingkan dengan sebelum menggunakan model ini. Walaupun masih ada beberapa siswa yang masih terlihat kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelompok.

  • Dampak menerapkan penilaian yang sistematis dan menyeluruh membuat guru lebih mudah dalam menganalisis hasil belajar siswa sehingga memudahkan guru untuk tindak lanjut hasil pembelajaran siswa.


Kesimpulan dari keseluruhan proses pembelajaran yang telah dilakukan :

  • Dari aksi yang sudah saya lakukan dapat disimpulkan ternyata begitu besar dampak dari penggunaan model pembelajaran inovatif (Discovery Learning) dengan yang dipadukan menggunakan media berbasis TPACK dalam kegiatan pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan dengan menggunakan model dan media pembelajaran inovatif tersebut, aktivitas pembelajaran terasa lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

  • Hasil evaluasi nilai yang diperoleh siswa menunjukkan nilai diatas KKM yaitu sebanyak 80,51%, dengan indeks IKK keaktifan siswa sebesar 0,85 atau 85%.

  • Dari hasil evaluasi nilai, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Learning sangat membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat bangun datar segiempat.

===========

PROFILE



Eko Wahyudi merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yang lahir pada tanggal 18 Juni 1990. Kegemaran semenjak kecil adalah bermain dengan angka dalam matematika. Sekarang sebagai guru matematika di MTsN 1 Banyuwangi. Motto hidup saya adalah "Yang abadi hanyalah perubahan itu sendiri dan tetaplah jadi aktor perubahan tersebut".


# *Merendahlah hingga tiada yang mampu merendahkanmu* #


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sosialisasi Jejak Karbon Kita MTsN 1 Banyuwangi

MTsN 1 Banyuwangi Hadiri Pembinaan dan Penguatan Madrasah Penyelenggara SKS pada MTs/MA

Gandeng Tim Psikotes UINSA, MTsN 1 Banyuwangi Laksanakan Tes IQ ,Bakat dan Minat Siswa Rombel Awal